Thursday, August 4, 2016

Kumpulan Ayat Al-Quran tentang Menikah

Kumpulan ayat Al-Quran tentang menikah. Cinta mengandung energi yang sangat besar, energi yang sangat luar biasa. Itulah kenapa seorang ibu rela berkorban sekalipun nyawanya demi sang anak. Seorang suami dapat tak hiraukan lelah dan peluh yang bercucuran demi istri dan putra-putri mereka. Para sahabat rela berkorban demi Allah dan Rasul-Nya, Muhammad SAW. Hikmah menikah juga tentunya sangat besar manfaatnya bagi umat manusia, khususnya kaum Muslimin dan Muslimat.

Ayat Al-Quran tentang cinta merupakan power yang besar mempunyai kekuatan untuk mendorong seseorang melakukan sesuatu luar biasa. Dan memberi kekuatan besar bagi seseorang untuk melakukan sesuatu yang dicintai. Akan tetapi, seringkali kekuatan energi cinta yang begitu besar menguap begitu saja tanpa ada sinergi dengan hal positif. Hal ini banyak terjadi dikalangan para remaja yang tergoda rayuan syetan dengan melakukan perzinaan dan pergaulan bebas.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan pernikahan untuk untuk melindungi hamba-Nya dari kemadharatan yang akan menimpa. Dengan akad pernikahan, Islam menghalalkan segala macam bentuk ekspresi cinta dari pasangan suami istri. Bahkan setiap ekspresi dari cinta tersebut bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Pengorbanan atas nama cinta tidak lagi menjadi sia-sia. Akan tetapi bernilai sangat istimewa dan berpahala.

Kumpulan Ayat Al-Quran tentang Menikah
Energi yang terkuras ketika bekerja mencari penghasilan oleh sang kepala keluarga untuk anak istri menjadi ibadah. Kesabaran istri dalam taat kepada suami, melayaninya dan mengasuh serta mendidik anak-anaknya menjadi ibadah. Dari hal terkecil sampai dengan hal yang paling besar terhitung ibadah, seperti bermesraan dengan pasangan, memberikan nafkah lahir batin, saling mengisi kekurangan masing-masing, dan banyak lagi.

Membangun mahligai cinta dalam rumah tangga akan mendapatkan ketenteraman dalam kehidupan. Pernikahan yang baik juga akan membawa kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sehingga mudah untuk meraih ridho-Nya. Dan berharap dimasukkan dalam golongan orang-orang yang mencintai-Nya dan dicintai oleh-Nya. Berikut ini adalah 7 ayat Al-Quran tentang pernikahan dan jodoh:

1. “…maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat…”(QS. an-Nisa: 3).

2. “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (An Nisa: 1)

3. “Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. (Ar-Ruum: 21)

4. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.”(QS. an-Nur: 32).

5. “Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan.”(QS. ar-Ra’du: 38).

6. “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (Adz Dzariyaat: 49).

7. “…sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu Perjanjian yang kuat.”(QS. an-Nur: 21).

Demikianlah postingan yang membahas 7 ayat Al-Quran tentang pernikahan dan jodoh, semoga bermanfaat dunia akhirat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment